//
you're reading...
KUMPULAN CERAMAH RAMDHAN SANTRI PONPES DARUL ARQAM GOMBARA MKSR

Puasa dan Kesehatan Tubuh

Kaum muslimin dan muslimat!

Sebelum saya menyampaikan materi dakwah saya, terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah swt, karena masih memberikan kesempatan kepada kita untuk hadir bersama dimasjid ini sekaligus menjalankan kewajiban kita kepada-Nya.  Selanjutnya salam dan taslim kita peruntukkan kepada Nabi Muhammad saw, yang telah membawa kita dari alam sangat bodoh ke alam yang benar-benar membuat kita mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Jamaah Tarwi yang dimuliakan oleh Allah swt.

Allah berfirman  dalam surah AL-baqarah :183

” Wahai orang yang beriman diwajibkan kepadamu untuk berpuasa, mudah-mudahan kamu bertakwa”

Berpuasa pada bulan ramadhan merupakan satu manifestasi dari iman seorang hamba kepada penciptanya.  Oleh sebab itu betapa buruknya jika ada orang yang menganggap bahwa  puasa itu adalah perbuatan yang akan merusak kesehatan, Rasululah bersabda :

” Dari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda ” barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan ridha ALlah swt, maka akan diampuni dosanya yang terdahulu  ( HR. Muttafaqun Alaih)

Berpuasa sudah jelas hukumnya , justru puasa akan memberikan pahala yang berlipat ganda ,jika amalan-amalan puasa dilaksanakan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh ALlah di dalam Al-qur’an maupun hadits.

Lalu bagaimana dampak puasa bagi kesehatan tubuh seseorang , jika dilihat sepintas nampaknya puasa ,melemahkan tubuh bahkan dapat menimbulkan beberapa penyakit,ternyata pernyataan yang selama ini dianut  sebagian orang tidak beralasan, sebuah ungkapan:

” uruslan urusan akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok, dan berusahalah untuk duniamu seakan engkau hidup selamanya.

Setelah melakukan penelitian serta analisa secara mendalam , nampaknya dampak  pusasa terhadap kesehatan tubuh sangat menunjang kestabilan tubuh bagi orang yang menjalankan puasa dengan baik dan benar bahkan menyembuhkan beberpa penyakit bahkan terhindar dari penyakit jiwa.

Adapun  penyakit yang dimaksud antara lain adalah penyakit gastrillis ( uskulus peprikum) penyakit maag, lambung adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menampung makanan yang telah terkunyah,  Seseorang apabila makan tidak teratur, mengkonsumsi makanan berlebihan atau pikiran tidak tenang, hal ini dapat menimbulkan  keasaman pada lambung yang tidak berimbang, sehingga dapat menimbulkan ulkus, oleh masyarakat disebut maag. Jika sesorang menderita penyakit ini kemudian berpuasa dengan ihlas  secara teratur dapat mengakibatkan asam lambung seimbang, sehingga maag yang diderita dapat sembuh.

Jamaah Tarwih yang bebahagia demikianlah ceramah saya yang singkat ini muda-mudahan ada manfaatnya,

Nuun Walqalami wa ma yathuruun,

Wassalamu alaikum wr.wb.

About these ads

Tentang nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: