//
you're reading...
Artikel

ILMU PERTANIAN ADALAH SIRATH MENUJU MANUSIA BERIMAN

Tanaman JagungKetika  ayat pertama diturunkan oleh Allah swt, disitu  tersirat perintah untuk melakukan proses belajar mengajar, betapa tidak ayat yang pertama itu memerintahkan kepada kita untuk membaca, sebagaimana  firman Allah

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah., Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, ,Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589], Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya

Ayat ini jelas memerintahkan kepada kita untuk  membaca, pada hal waktu itu belum ada ayat sebelumnya yang diturunkan oleh Allah berupa wahyu, dan kita meyakini bahwa pasti sudah ayat Allah yang diturunkan oleh Allah untuk dapat di baca.  Ayat-ayat Allah rupanya bukan hanya yang tertulis berupa wahyu Allah yang telah dibukukan berupa AL-Qur’an tetapi rupanya ayat Allah ada yang berupa ayat-ayat qauniyah yakni berupa bentangan alam semesta  beserta isinya yang telah lebih dulu diciptakan oleh Allah lalu ditetapkan hokum-hukumnya, yang biasa disebut sunnatullah.

Alam yang berupa ayat-ayat qauniyah-Nya Allah inilah, yang telah diteliti oleh ummat manusia sehingga melahirkan disiplin ilmu-ilmu tertentu. Misalnya orang meneliti tentang benda-benda mati dan gejala-gejalanya inilah yang melahirkan ilmu Fisika, ada orang yang meneliti tentang mahluk hidup baik tumbuhan maupun hewan inilah yang  melahirkan biologi, ada orang yang meneliti tentang  Angkasa dan benda-benda angkasa yang lain inilah yang melahirkan ilmu Astronomi dan sebagainya. Sehingga  belajar tentang ilmu-ilmu eksak sesungguhnya adalah belajar ilmu Allah atau ayat-ayat Allah.

Khusus  ilmu- ilmu dalam pertanian sesungguhnya Allah swt, telah banyak memberi tahu kepada kita semua , misalnya masalah tanaman ,Allah Swt telah memberi tahu kita di dalam Al-qur’an :

Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman .( QS Al-An’am :99)

Pada ayat ini Allah swt telah menyampaikan kepada kita perihal tanaman mulai dari proses pertumbuhamnya, produksinya dan berbagai jenis tanaman.

Bahkan Allah Swt, telah menyampaikan kepada kita bagaimana proses penyerbukan itu terjadi sampai putik dapat terbuahi oleh serbuk sari misalnya kata Allah dalam AL-Qur’an :

Dan kami Telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan kami turunkan hujan dari langit, lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.

Salah satu yang dapat membantu penyerbukan oleh tanaman adalah angin terutama tanaman yang memiliki serbuk sari yang muda di tiup oleh angin hal init telah ditegaskan oleh Allah swt dalam Al-qur’an.  Begitupula fungsi air terutama air hujan telah disampaikan oleh Allah kepada kita, bahwa hujan yang diturunkan oleh Allah memberi sifat hidup kepada tanah, sehingga tanah yang tadinya mati dapat subur lalu menumbuhkan tanaman yang sangat bermanfaat buat kita selaku manusia. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an

Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.(QS. Al-An’am:99)

Dari keterangan ini bagi orang-orang yang mendalami pertanian lalu disinkronkan dengan apa yang disampaikan oleh Allah kepada kita di dalam Al-Qur’an maka  akan membuka pemahaman kita betapa Allah swt, kuasanya ,terhadap tanaman yang ada di bumi sehingga dapat menggetarkan hati kita untuk selanjutnya menggedor dada kita untuk senangtiasa ber iman kepada Allah swt.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: