//
you're reading...
Kisah Para Nabi dan Rasul

Seorang Istri Pejabat Menggoda Pemuda Tampan Nan Rupawan

Kisah ini adalah kisah nyata, dan diabadikan oleh Allah dalam Al-qur’an sebagai suatu tamsil buat kita untuk dijadikan pelajaran, agar kejadian ini jangan sampai terjadi.  Kisah ini adalah peristiwa yang terjadi antara Zulaikha sebagai seorang istri pembesar di Mesir dengan pemuda Yususf yang sangat tampang rupawan.  Dikisahkan dalam Al-qur’an bahwa kisah ini dimulai ketika yusuf ingin dicelakai oleh saudaranya sendiri, karena rasa cemburu kepada Yusuf yang merasa dianak emaskan oleh ayah mereka Sebagai mana firman Allah :

(Yaitu) ketika mereka berkata: “Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita daripada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata (Qs. Yusuf:8).

Apalagi setelah Yusuf menyampaikan perihal mimpinya kepada bapaknya, Ayahnya semakin bertambah sayang kepadnya

(ingatlah), ketika Yusuf Berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku[742], Sesungguhnya Aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (S. Yusuf :4)

Kemudian ayahnya menyampaikan agar apa yang dia ceritakan itu jangan sampai saudara-saudaranya tahu, karena boleh jadi mereka akan semakin membenci yususf, bahkan boleh mereka mencelekakan Yusuf, dan ini tebukti ketika suatu saat mereka meminta izin untuk membawa Yusuf bersama mereka main-main pada hal tujuan mereka adalah untuk mencelekai Yusuf As, bahkan ada yang mau membunuhnya dan sebagian lagi ingin memasukkan Yusuf as ke dalam Sumur supaya nanti ada yang mengambilnya dan menjualnya .

Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu daerah (yang tak dikenal) supaya perhatian ayahmu tertumpah kepadamu saja, dan sesudah itu hendaklah kamu menjadi orang-orang yang baik.” (QS. Yusuf :9)

Seseorang di antara mereka berkata: “Janganlah kamu bunuh Yusuf, tetapi masukkanlah dia ke dasar sumur supaya dia dipungut oleh beberapa orang musafir, jika kamu hendak berbuat.” (QS. Yusuf :10)

Mereka lalu memasukkan Yusuf as ke dalam sumur, kemudian datanglah pedagang yang  akan pergi berdangan ke Mesir, betapa mereka terkejut ketika melihat ada seseorang yang ada di dalam sumur, setelah mereka melihat Yususf timbullah keinginannya untuk membawa Yusuf ke Mesir siapa tahu disana ada orang yang mau membelinya,

Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka merasa tidak tertarik hatinya kepada Yusuf. (QS. Yusuf:20)

Selanjutnya orang Mesir membelinya :

Dan orang Mesir yang membelinya berkata kepada isterinya: “Berikanlah kepadanya tempat (dan layanan) yang baik, boleh jadi dia bermanfaat kepada kita atau kita pungut dia sebagai anak.” Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir), dan agar Kami ajarkan kepadanya ta`bir mimpi. Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya.

Ternyata orang yang memelihara Yusuf tertarik dan jatuh cinta kepada Yusuf, sehingga suatu ketika ia bermaksud menggoda yusuf dan mengajak Yusuf untuk melakukan perbuatan yang tak senonoh, untunglah Yusuf melihat tanda kekuasaan Allah, sehingga itu tidak terjadi, karena sesungguhnya Zulaikha suka pada Yusuf dan Yusufpun suka kepada Zulaikha.

024. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tiada melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: