//
you're reading...
AIK II

Manusia dan Hajat Hidupnya

Manusia sejak  terlahir  ,ia adalah mahluk  sosial, dan memiliki hajat atau kepentingan dalam kehidupan ini, dan merupakan suatu fitrah buat manusia.  Kepentigan atau hajat hidup manusia ini dapat berupa :

1. Hajat Manusia Terhadap Sesama

Manusia  memerlukan keperluan atau hajat terhadap sesama  dan ini  sesuatu yang fitrah  .  manusia yang terlahir ke dunia dengan kesempurnaannya memerlukan bantuan orang lain dalam rangka  Untuk memenuhi hajat hidup nya  .Hajat hidup sesama manusia ini diantaranya adalah :

a. Membina Ukhuwah Terhadap Sesama.

Dalam Islam hubungan dengan terhadap sesama manusia, apalagi terhadap sesama muslim wajib dibina, hal ini karena terhadap sesama muslim diikat oleh aqidah yang sama, sehingga Allah swt, menyatakan bahwa terhadap sesama muslim  adalah bersaudara.

Sebagaimana Firman Allah swt :

Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (Al-Hujrat:10)

Membina ukhuwah sebagai hajat terhadap sesama manusia wajib hukumnya, bahkan jika ada orang   diantara kita yang  terputus ukhuwah maka yang lain  harus mendamaikan saudaranya.

Dalam Agama kita yang tidak membina hubungan terhadap sesama dengna baik bahkan memutuskan hubungannya akan dihinakan oleh Allah swt.

Firman Allah Swt.

Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas. (Qs. Ali-Imran :112)

b. Pemenuhan Kebutuhan Hidup

Dalam memenuhi  kebutuhan hidup,  kita membutuhkan orang lain,  hal ini karena apa yang kita butuhkan ada pada orang lain.  Kebutuhan hidup berupa materi adalah  sandang, papan dan pangan sedangkan kebutuhan hidup non materi berupa cinta kasih, sayang dan  kebutuhan syahwat.  Dalam pemenuhan kebutuhan ini haruslah diatur oleh syariat agama kita, agar di dalam pemenuhna kebutuhan ini tidak melanggar.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: