//
you're reading...
KEBUTUHAN GURU

RPP Melakukan Pengujian Pada Sistem

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMK MUH. DARUL ARQAM GOMBARA

Mata Pelajaran            : Produktif (Konfigurasi Local Area Network)

Kelas / Semester          : XI / I

Pertemuan Ke                         : 14

Alokasi Waktu            : 1 x (8 x 40 Menit)

Standar Kompetensi                : Melakukan pengujian pada sistem

Kompetensi Dasar                   : – Mempersiapkan pengujian pada sistem

Indikator                                 :

  • Lingkup pengujian yang meliputi: data, kumpulan program, jaringan komunikasi dan perlengkapan lain, system operasi, dan perangkat lunak pendukung dipersiapkan
  • Sistem dipisahkan menjadi modul-modul yang dapat dijalankan untuk mencerminkan live scenario
  • Log dan lembaran-lembaran hasil pengujian dikumpulkan dan disiapkan
  • Semua kegiatan dicantumkan dalam jadwal pengujian
  • Skrip pengujian dan rencana pengujian disiapkan untuk dijalankan
  • Hasil yang diharapkan ditinjau kembali dengan criteria penerimaan dan dokumentasi kebutuhan sistem

I. Tujuan Pembelajaran           :   Pertemuan ke 14

  • Siswa dapat memahami dan menjelaskan tentang penguraian/segmentasi system menjadi modul uji
  • Siswa dapat membuat jadwal kegiatan uji system dan menjelaskannya
  • Siswa memahami dan dapat menjelaskan langkah-langkah persiapan uji system
  • Siswa dapat melakukan dan menjelaskan tentang pengisian log sheet

II. Materi Ajar                         :  Pertemuan ke 14

–  Penguraian/segmentasi system menjadi modul uji

–  Pembuatan jadwal kegiatan uji sistem

–  Langkah persiapan uji system

–  Pengisian Log Sheet

III. Media Pengajaran             :  Pertemuan ke 14

Ceramah, Simulasi dan Penugasan

IV. Langkah Pembelajaran     :

Pertemuan ke 14

a. Kegiatan Awal

1.   Mengabsensi dan mengondusifkan kelas / ruangan

2.   Memotivasi siswa secara instrinsik dan ekstrinsik

3.   Menjelaskan tujuan pembelajaran

4.   Menetapkan langkah-langkah utama simulasi

5.   Menyiapkan alat / media yang diperlukan

b. Kegiatan Inti

1.  Mengusahakan ceramah dapat diikuti dan diamati oleh seluruh peserta didik.

2.  Menumbuhkan sikap kritis pada serta didik sehingga terdapat Tanya jawab, dan diskusi tentang masalah yang dijelaskan.

3. Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan simulasi sebagai percobaan atau melakukan pengujian.

c. Kegiatan Akhir

1.   Membuat kesimpulan secara tertulis dan lisan

2.   Melakukan penilaian dari aspek kompetensi

V. Alat dan Sumber Belajar

Alat

  • Perangkat jaringan computer
  • Toolkit
  • Alat ukur
  • LCD Proyektor

Sumber Belajar

  • Buku Jaringan Komputer
  • Buku manual jaringan computer
  • Internet

VI. Penilaian                           : – Observasi

– Tes Praktek / Tertulis

– Hasil Pemberian Tugas

Soal Penilaian

1. Buatlah desain jaringan beserta segmen-segmennya dan lakukan penguraian menjadi

modul uji  !

2. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah persiapan uji system !

3. Buatlah sebuah log sheet dan lakukan pengisian berdasarkan asil pengujian system !


RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMK MUH. DARUL ARQAM GOMBARA

Mata Pelajaran            : Produktif (Konfigurasi Local Area Network)

Kelas / Semester          : XI / I

Pertemuan Ke                         : 15

Alokasi Waktu            : 1 x (8 x 40 Menit)

Standar Kompetensi                : Melakukan pengujian pada sistem

Kompetensi Dasar                   : Melakukan pengujian system

Menganalisis serta   melaporkan hasil pengujian sistem

Indikator                                 :

  • Skrip, dokumentasi hasil, log default, dan lembar hasil pengujian dilengkapi
  • Perbandingan dilakukan untuk persiapan pengujian keberterimaan
  • Standar industri atau organisasi diadopsi
  • Hasil-hasil pengujian dirangkum dan dikelompokkan, hal-hal yang kritis didokumentasikan
  • Hasil pengujian dibandingkan dengan persyaratan dan spesifikasi disain yang telah dibuat
  • Operasi-operasi yang ada diidentifikasi untuk melengkapi hasil pengujian
  • Komentar didokumentasikan dan ditanda tangani
  • Pertemuan selanjutnya dijadwalkan

I. Tujuan Pembelajaran           :   Pertemuan ke 15

  • Siswa memahami dan dapat menjelaskan tentang penguraian/segmentasi system menjadi modul uji
  • Siswa dapat menjelaskan tentang SOP uji system dari perusahaan/organisasi
  • Siswa memahami dan dapat menjelaskan tentang langkah-langklah uji system
  • Siswa dapat menjelaskan tentang langkah-langkah uji system berdasarkan standar industri
  • Siswa dapat menjelaskan tentang pengisian log sheet
  • Siswa dapat menjelaskan tentang analisis hasil uji system
  • Siswa dapat menjelaskan dan melakukan pengisian log sheet

II. Materi Ajar                         :  Pertemuan ke 15

–  Penguraian / segmentasi system menjadi modul uji

–  SOP uji system dari perusahaan / organisasi

–  Langkah uji system berdasarkan standar industri

–  Pengisian log sheet

–  Analisis hasil uji system

–  Pengisian log sheet

III. Media Pengajaran             :  Pertemuan ke 15

Ceramah, Simulasi dan Penugasan

IV. Langkah Pembelajaran     :

Pertemuan ke 15

a. Kegiatan Awal

1.   Mengabsensi dan mengondusifkan kelas / ruangan

2.   Memotivasi siswa secara instrinsik dan ekstrinsik

3.   Menjelaskan tujuan pembelajaran

4.   Menetapkan langkah-langkah utama simulasi

5.   Menyiapkan alat / media yang diperlukan

b. Kegiatan Inti

1.  Mengusahakan ceramah dapat diikuti dan diamati oleh seluruh peserta didik.

2.  Menumbuhkan sikap kritis pada serta didik sehingga terdapat Tanya jawab, dan diskusi tentang masalah yang dijelaskan.

3. Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan simulasi sebagai percobaan atau melakukan pengujian.

c. Kegiatan Akhir

1.   Membuat kesimpulan secara tertulis dan lisan

2.   Melakukan penilaian dari aspek kompetensi

V. Alat dan Sumber Belajar

Alat

  • Perangkat jaringan computer
  • Toolkit
  • Alat ukur
  • LCD Proyektor

Sumber Belajar

  • Buku Jaringan Komputer
  • Buku manual jaringan computer
  • Internet

VI. Penilaian                           : – Observasi

– Tes Praktek / Tertulis

– Hasil Pemberian Tugas

Soal Penilaian

1. Buatlah desain jaringan beserta segmen-segmennya dan lakukan penguraian menjadi

modul uji  !

2. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah persiapan uji system !

3. Buatlah sebuah log sheet dan lakukan pengisian berdasarkan asil pengujian system !

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: