//
you're reading...
Artikel

Ortom dan Fungsinya Bagi Muhammadiyah

Fungsi ORTOM Bagi Muhammadiyah

Muhammadiyah patut bersyukur karena memiliki organisasi pelapis, yang sangat lengkap, mulai dari ortom yang membina para ibu-ibu yang dikenal dengan Aisyiyah, organisasi yang membina para pemudi yang disebut Nasyia, organisasi yang membina para pemuda yang dikenal dengan nama Pemuda Muhammadiyah, yang membina para Mahasiswa yang dikenal dengan nama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, organisasi yang membina para pelajar atau remaja putra-putri yang kenal dengan nama Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan organisasi yang membina  ketangkasan dalam bidang pencak silat yang dikenal dengan nama Tapak suci Putra Muhammadiyah yang membina pada setiap lapisan umur.

Setiap Ortom Muhammadiyah ini memiliki peran dan bidang garapan yang berbeda, tetapi sesungguhnya semua ortom ini memiliki fungsi yang sama bagi Organisasi Muhammadiyah yaitu :

  1. Sebagai wadah pembibitan buat Muhammadiyah untuk mendapatkan kader yang akan melanjutkan etafeta kepeminpian Muhammadiyah.
  2. Sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Ortom sebagai sumber amunisi  bagi Muhammadiyah bagi ketersediaan tenaga kader yang baru, sehingga ortom tidak boleh berhenti mengkader orang-orang yang menjadi sasaran pembinaannya, dan Muhammadiyah sebagai induk organisasi harus menbantu dan menyiapkan sarana dan prasarana agar tugas-tugas pengkaderan tidak berhenti, jangan hanya mau menerima hasil tapi tidak mau pusing terhadapa apa yang dilakukan oleh Ortom.

Sebagai pelopor dalam pegerakan Muhammadiyah, itu berarti ortom harus berada digarda terdepan untuk mengawal organisasi Muhammadiyah dalam mengsukseskan program, bahkan ia harus siap menjadi anak panah, yang siap ditembakkan kapan saja diperlukan oleh Muhammadiyah.

Sebagai pelangsung, seharusnya tidak ada amal usaha Muhammadiyah yang kandas ditengah jalan atau ketidak sampaian, karena ia harus tampil ke depana membawa program Muhammadiyah sehingga berlangsung setiap masa, tidak malah mereka yang mematikan amal atau program Muhammadiyah.

Sebagai penyempurna, ortom harus tampil ke depang menyempurnakan amal usaha muhammadiyah sehingga tidak terbengkalai dan kalau ada kekurangannya, maka angkatan Muda Muhammadiyah (ortom) harus tampil memperbaikinya.

Ditulis oleh : Nurdin Mappa

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: