//
you're reading...
KUMPULAN CERAMAH RAMDHAN SANTRI PONPES DARUL ARQAM GOMBARA MKSR

FUNGSI AL-QUR’AN

Kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati ALlah swt.

Melalui mimbar ini , kami mengajak jamaah sekalian untuk meningkatkan ibadah dan menjauhi larangan-Nya, dan ketakwaan yang mendorng kita untuk rajin belajar dan membaca AL-qur’an

Al-qur’an adalah qalam ALlah swt, atau dinamakan wahyu  yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi besar Muhammad saw, dan Al-qur’an adalah kitab suci bagi kaum muslimin dipermukaan bumi ini , yang wajib dipelajari oleh setiap muslimin .

Belajar Al-qur’an bukan hanya  sekedar  membaca saja, tetapi belajar Al-qur’an adalah belajar memahami segala isi yang terkandung di dalamnya.  Karena Al-qur’an adalah berisikan perintah-perintah dan larangan Allah swt, kepada manusia.

Pada akhir-akhir ini sering terjadi percekcokan dan pertentangan dikalangan kaum muslimin mengenai doa qunut, karena ada sebagaian menggunakan ada yang tidak.   Diantara mereka ini sering terjadi pertikaian dan saling menghina.

Kaum muslimin dan muslimat!

Al-qur’an  adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa yang menunjukkan kepada kita jalan yang  lurus, Al-qur’an menerangkan dan menjelaskan semua perbuatan yang halal  dan senangtiasa diikuti serta perbuatan haram yang senangtiasa harus di jauhi, Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah : 2

inilah Kitab (Al-qur’an ) , tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa”

Maka kalau ingin selamat dari siksaan Allah di dunia dan diakhirat, kita harus mengiktuti Al-qur’an, kita jadikan Al-qur’an sebagai pedoman hidup. Karena Al-qur’an merupakan sumber segala hukum dalam Islam .  Disamping itu juga Al-qur’an adalah obat yang manjur terutama bagi hati.  Allah berfirman  dalam surah Al-Isro :82

Dan kami turunkan  sesuatu yang menjadi penawar ( obat) dan rahmat bagi orang-ornag yang beriman.

Dengan banyak membaca Al-qur’an, fikiran manusia menjadi tenang, hati menjadi  tentram, merasa terobat oleh Al-qur’an, sehingga badanpun akan merasa sehat, apabila fikiran  dan rohknai sudah sehat.  Dengan demikian maka marilah kita banyak-banyak ingat kepada Allah dengan memperbanyak membaca Al-qur’an, bahkan orang yang suka dan senang membaca AL=qur’an dia termasuk manusia yang paling baik di sisi ALlah . Dalam hal ini  Rasul bersabda:

” sebaik-baik manusia adalah orang belajar Al-quran dan mengajarkan nya”

Jadi jelaslah bahwa orang yang paling baik disisi Allah menurut Islam adalah orang belajar AL-quran dan mengajarkannya kepada orang lain.

Jadi kesimpulannya maka marilah kita belajar Al-quran dengan bersungguh-sungguh dan belajar memahami kandungan dan isi Al-qur’an sehingga kita paham dan mengerti segala perintah-perintah Allah dan larangan-larangannya yang terkandung dalam Al-qur’an.

Wabillahi taufi Walhidayah

Wassalamu alaikum Wr. Wb.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: