//
you're reading...
KUMPULAN CERAMAH RAMDHAN SANTRI PONPES DARUL ARQAM GOMBARA MKSR

Keihlasan

kaum muslimin dan muslimat

Dalam kesempatan ini kami mengajak jamaah untuk senangrtiasa meningkatkan taqwa kepada Allah swt, yaitu dengan senang tiasa mentaati segala perintahnya  dan menjauhi segala larangannya, sehingga kita akan betul-betul menjadi orang yang mukhlisin di dalam menjalankan segala ajaran agama Islam.

Nabi kita Muhammad Saw adalah ahli diplomatik atau ahli penasehat dan beliau mempunyai kepribadian yang baik dan luhur.  Tetapi beliau ahli beramal juga beliau selalu memberi contoh yang baik kepada umatnya dengan amalan-amalan yang nyata dan segala tingdakan yang adil dan kepribadian yang terpuji.

Sesuai dengan firman Allah swt dalam surah Al-Ahzab : 21

Sesungguhnya pada diri Rasululah ada contoh-contoh yang baik bagimu.”

Kaum muslimin dan muslimati oleh Allah Swt.

Orang yang ihlas di dalam tindakanny memang hebat  dia akan termasuk manusia pilihan di sisi ALlah swt dan disenangtiasa  dilihat masyarakat , karena tidak semua manusia dapat menjadi muhlis kalau tidak mendapatkan hidayah dari Allah swt.

Rasululah saw bersabda ” Ihlaslah kamu semua , karena agamamu, mekipun bisa mencukupi sekecil amalmu”

Maksud dari hadits di atas ialah bahwa walaupun amal  itu hanya sedikit, tetapi disertai dengan keihlasan, itu lebih berharga dari pada amalan yang banyak tetapi tidak ihklas, bahkan itu sia-sia belaka, ihklas itu   ruhnya adalah segala amal .  Apabila sesuatu itu tidak mempunyai ruh, maka  segala sesuatu tidak dapat hidup, seperti manusia kalau  tidak punya ruh maka tidak akan dapat hidup.  Begitu  juga amal , apabila tidak di dasari dengan keikhlasan, amak amal itu tidak akan mendatangka kebaikan, yaitu tidak akan diterima oleh Allah, jadi ia akan sia-sia.

Jadi kesimpulannya maka marilah kita jadikan keihklasan itu sebagai pusaka kita didalam semua amal kita .  Karena keikhlasan iutlah yang menjadikan amal manusia menjadi mulia dan suci.

Nuun Wal qalami wama yasthurun, wassalamu alaikum wr.wb.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: