//
you're reading...
Artikel

Hindari Kanker

Salah satu penyakit yang sampai sekarang menghantui kita adalah penyakit kanker, yang cukup menempati rangking yang tinggi sebagai penyebab kematian,  untuk itu DR. Tjatur Prijambodo memberikan tips, untuk menghindari kanker, selanjutnya beliau menulis bahwa  Selain makan buah dan sayur lebih banyak dari biasanya,   maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari kanker , diantaranya adalah :

  1. Perbanyak makan buah dan  sayur

Buah dan sayur dapat membantu tubuh membentuk imun guna mencegah terjadinya sel kanker berkembang. Karotenoid  atau pigmen yang biasa ditemukan pada sayuran dan buah yang berwarna hijau. Sedangkan beta karotin yang ditemukan pada sayur yang berwarna hijau tua dan jingga membantu mencegah kanker paru-paaru, kanker ginjal, kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker pangkal tenggorokan dan kanker payudara, sedangkan vitamin C sebagai antioksida yang baik untuk mencegah kangker  perut.

2. Makanan yang berserat

Fiber atau serat  pada makanan dapat membantu kanker payudara. Ternyata kandungan serat dapat mengikat hormone estrogen dan membantu mengeluarkannya  dari dalam tubuh sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar estrogen yang bersiko kanker payudara.  Serat dapat ditemui dibanyak sayuran serta buah polong dan kacang, lentil juga seperti makanan pokok seperti beras dan gandum yang diproses minimal.

3. Kurangi Makanan berlemak

Tradisi makanan Indonesia kebanyakan mengandung lemak atau santan, padahal isntitut Kanker Nasional USA menyarankan pembatasan komsumsi lemak, sebaiknya mengkomsumsi 10 -15% saja.

4. No Alkohol dan Rokok

Gemar minum alcohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara, mulut, faring dan tenggorokan, sedangkan rokok dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru , mulut dan lainnya

5. Hindari makanan yang bersuhu tinggi

Ternyata sering mengkomsumsi makanan yang diolah bersuhu tinggi dan lama, dapat memunculkan zat berk  sifat karsinogeni atau resiko kanker, biasanya ditemukan pada makanan kaleng, daging asap, daging bakar atau lainnya, untuk lebih aman masak makanan dengan cara mengkukus atau direbus.

6. Kurangi Cemilang

Kalau anda pencandu cemilang lebih anda berhati-hatim kue dan permen atau dessert  penggoda  yang biasa anda makan terbuat dari lemak tak jenuh, belum lagi keripik kentang atau Chips ternyata diteliti meransang terbentuknya senyawa pemicu kanker bernama akrilamida.  Senyawa pada makanan ringan tersebut lebih banyak ditemukan dibanding makanan gorengan lain seperti daging ikan  dan roti goring.

7. Pemanis buatan

jangan muda terjebab dengan rayuan iklan mengenai so sugar adding, belum tentu pemanis yang digunakan pemanis alami yang baik buat tubuh, apalagi biasanya  mereka menggunakan pemanis yang sangat jahat buat tubuh kita, bila anda ruting mengkonsumsinya maka anda kemungkinan untuk kena kanker lebih besar

8. Jaga kebersi han

Kebersihan bukan hanya pada diri kita sendiri , tapi pada segala asupan yang masuk ke dalam tubuh kita . Bila kita jorok dan sering jajan di luar maka kemungkinan zaat cemaran lebih banyak  dibanding  dengan bekal yang di bawa dari rumah

9. Cermat hidup yang sehat.

Walaupun anda membartasi membatasi diri tidak memakan makanan yang berpotensi  menimbulkan kanker, tetapi tidak dapat hidup sehat, maka untuk terserang penyakit kanker akan lebih mudah.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: