//
you're reading...
Ibadah

HADIAH ALLAH BAGI SANG MUSAFIR

Agama Allah yaitu Islam adalah agama yang dipenuhi dengan kasih sayang dan sangat antisipatik dengan keadaan ummat manusia, sehingga segala sesuatu ada jalan keluarnya yang diberikan oleh Allah swt, Hal ini dapat kita lihat pada kewajiban melaksanakan shalat bagi orang yang bepergian jauh atau seorang musafir. Bagi seorang musafir mereka diberi keringanan  untuk dapat melakukan shalat jamak   dan shalat qashar. Shalat qashar adalah memendekkan atau mengurangi jumlah shalat misalnya duhur, Ashar dan Isya yang jumlahnya 4 rakat dapat dijadikan menjadi 2 rakaat, sedangkan shalat Magrib dan Subuh tidak dapat di qashar.  Sedangkan shalat jamak adalah menggabungkan dua shalat dalam satu waktu sekaligus misalnya Ashar dikerjakan ketika waktu shalat duhur yaitu memajukan shalat Ashar diwaktu shalat duhur yang disebut jamak Takdim, yang kedua mengundurkan  shalat duhur ke waktu shalat Ashar disebut jamak takdim.

Perintah untuk melakukan shalat qashar ini dapat kita lihat di dalam surah Annisa :101

Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah Mengapa kamu men-qashar[343] sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Ada dialog yang dalam hadits riwayat Muslim, antara Ya’la bin Umayah dengan Umar : Ya’la  bertanya kepada Umar bahwa bukankah firman  yang dapat melakukan shalat qashar adalah apabila dalam kondisi takut, lalu Umar jawab bahwa saya pun pernah bertanya kepada Rasululah hal yang sama lalu beliau  jawab “ Shalat qashar itu adalah sedeqah yang diberikan Allah kepadamu, maka terimalah olehmu sedeqah-Nya (pemberiannya itu).

Hanya orang-orang yang sombong yang  menolak hadiah yang diberikan oleh Allah, sehingga tidak ada alas an –alasan karena keadaan kita misalnya karena waktu tempuh yang singkat sekalipun jarak jauh sehingga alas an itu lalu kemudian menolak hadiah yang diberikan oleh Allah swt.

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: