//
you're reading...
Dosa-dosa Yang Dianggap Biasa-biasa

Jabat Tangan Wanita Bukan Mahram

Pada zaman sekarang ini jabat tangan sudah menjadi budaya tanpa dapat lagi membedakan antara mahram dan bukan mahram semua sama saja, malah orang tidak mau berjabat tangan dengan wanita yang bukan mahram di anggap tidak sopan, dan terkadang orang tersinggung jika mengulurkan tangan kepada kita kemudian kita tidak menyambut uluran tangannya, bahkan sering dikatakan memutuskan silaturahmi, kolot, ketinggalan zaman, kaku, sulit beradaptasi , ekstrim dan lain-lain.

Berjabat tangan dengan wanita bukan mahram dianggap biasa-biasa saja, padahal jika mereka mengetahui bagaimana hukumnya luar biasa.

Rasululah Allah bersabda :

Sungguh ditusuknya kepala salah seorang dari kalian dengan jarum dari besi lebih baik baginya daripada ia menyentuh wanita yang tidak halal baginya”. (H. R . Tabrani dalam sahibul Jami’ , hadits no 4921)

Wanita yang tidak halal disini adalah wanita yang bukan mahram, diantaranya termasuk sepupu satu kali baik dari paman, atau bibi lebih-lebih sepupu lain kali.

Menyentuh tangan perempuan lebih-lebih sengaja memegang atau mengelus-elus tangan bukan mahram, termasuk dalam zina. sebagaimana sabda Nabi :

kedua mata berzina, ke dua tangan berzina, kedua kaki berzina dan kamaluanpun berzina” (HR. Ahmad, sahibul jami” 4126).

Banyak orang mengira bahwa berzina itu nanti ketika kemaluan dengan kemaluan bertemu di dengan wanita yang bukan istrinya padahal berzina itu banyak macamnya salaha satunya adalah dengan tangan.

Ada orang yang mengatakan kan niatku baikji, adakah orang yang lebih bersih hatinya dari pada Nabi Muhammad, pada hal Nabi sendiri mengatakan :

Sesungguhnya saya tidak berjabat tangan dengan wanita: (HR. Ahmad  6/357 dalam shahikul Jami hadits no 2506)

Bahkan Aisyah RA memberikan jaminan dalam hadiats Riwayat Muslim ” dan demi Allah tangan Rasululah Saw tidak (pernah) menyentuh tangan perempuan sama sekali, tetapi beliau membaiat mereka dengan perkataan (HR. Muslim 3/1489).

Hendaklah kita berhati-hati, dan  mempunyai padangan tidak membolehkan berjabat tangan dengan wanita untuk melindungi diri, wanit-wanita kita dari pengaruh pergaulan sekarang yang menggampangkan berjabat tangan bahkan sudah lebih edang lagi, suatu kehormatan jika ketemu laki perempuan sebgai bentuk penghormatan mereka saling  berciuman pipi, bahkan sudah dianggap biasa-biasa dan wajar saja dilakukan di depan umum, orang melihatpun menganggap itu hal yang lumrah tanpa ada perasaan bahwa hal itu melanggar syariat!

About nurdinmappa

im teacher from boarding School darul Arqam Gombara Makassar

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: